Cara Membuat Pentol Bakso Ayam yang Enak



Cara Membuat Pentol Bakso Ayam yang Enak

Cara membuat pentol bakso ayam yang enak - Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini. makanan yang sangat khas di Indonesia ini memang sangat enak. Beragam bahan yang digunakan untuk membuat pentol bakso ini menjadi enak.

Ada yang menggunakan daging sapi, daging ayam, ada juga bakso urat. Namun terlepas dari itu semua, bakso tetaplah makanan kenyal dan enak. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuatpentol  bakso ayam kenyal dan lezat.  Pentol bakso biasanya di buat menggunakan mesin pembuat bakso yang berkualitas, namun kali ini anda bisa membuatnya sendiri.
Bakso ayam kali ini saya pilih, karena harga ayam yang relative terjangkau daripada daging sapi. Tentunya tanpa menguarangi citarasanya, tak jauh berbeda dengan daging sapi. Sayang, banyak sekarang pedagang bakso yang bermain curang terhadap bakso buatan mereka.
Mereka menganggap kesehatan pelanggannya tidaklah hal yang penting, mereka hanya memikirkan untung semata. Nah, jika anda ragu akan bakso yang diluar sana, ada baiknya jika anda mencoba cara membuat pentol bakso yang berikut ini.
Cara membuat pentol bakso
Bahan :
·                     1/2 kg (500 gram) daging ayam
·                     5 sdm air es
·                     1 putih telur
·                     3 siung bawang putih
·                     1 sdt garam
·                     1 sdt merica
·                     1/2 sdt penyedap
·                     30 gram tepung tapioka/kanji
·                     1/4 sdt baking powder
·                     1 batang daun bawang, potong kecil-kecil

Cara Membuat Pentol Bakso Ayam
1.       Campurkan daging ayam, putih telur, bawang putih, garam, merica, penyedap dan air es, kemudian haluskan pakai food processor. Pindahkan adonan tersebut dalam sebuah wadah, lalu masukkan tepung tapioka yang sudah dicampur dengan baking powder. Masukkan juga daun bawang, selanjutnya uleni atau aduk rata menggunakan tangan.
2.        Didihkan air dalam panci secukupnya, setelah mendidih ambil segenggam adonan bakso ayam serta kepal-kepal hingga adonan keluar membentuk bulatan antara jempol dan telunjuk (ulang-ulangi hingga pentol bakso dirasa sudah cukup bulat dan lumayan mulus).
3.       Angkat bulatan pentol bakso dari kepalan tangan menggunakan sendok makan yang sudah dibasahi air agar tidak lengket, lalu cemplungkan ke dalam panci berisi air mendidih tadi. Lakukan terus dengan cara yang sama sampai adonan habis, apabila pentol bakso ayam sudah mengapung pertanda sudah matang, lalu angkat dan tiriskan.

Demikian tadi cara membuat pentol bakso ayam yang kenyal dan enak,  Selamat mencoba, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kerupuk Kulit Lele

Cara Membuat Rendang Ayam Yang Lezat

Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Renyah Dan Gurih